Pasang relay klakson paling mudah

SLAMET JAYA ABADI
By -
0

Cara pasang relay klakson yang benar dan paling mudah

Relay kaki 4



Banyak pengendara yang merasa kurang puas dengan suara klakson bawaan pabrikan mobil atau hanya ingin merubah suara klakson biar beda dari yang lain.


Nah kali ini saya coba menjelaskan cara memasang klakson dengan di tambahkan sebuah relay agar suara yg di hasilkan lebih kencang dan maksimal.


Karena relay termasuk komponen yg bisa menjaga kestabilan daya listrik dari klakson, jadi arus listrik yang dibutuhkan menjadi tidak terlalu besar,dan akipun menjadi lebih awet tidak sampai tekor.


Alat yg di butuhkan

- klakson keong( atau model lain) 

- relay 4 kaki

- socket pasangan ralay

- kabel secukupnya

- sekring 10 ampere

- terminal bulat 10mm


 Harap diperhatikan NOMOR kaki relaynya sebelum memasang agar tidak salah,karena setiap merk relay nomor kakinya letaknya berbeda beda. 


Kaki Relay nomor 30 menuju Positif Accu (kabel harus dengan kwalitas bagus, di sambung dengan sekring 10 ampere atau lebih).

Kaki Relay nomor 87 menuju Positif Klakson. Kaki Relay nomor 86 menuju saklar klakson. Kaki Relay nomor 85 dihubungkan ke body mobil (negatif/ground).




Itulah  cara memasang relay klakson yg benar dan mudah, dengan melakukan rangkaian diatas, maka klakson yg  tadinya bersuara standar akan bersuara menjadi lebih keras, dan saklar klakson pun akan menjadi lebih awet dan aki bebas tekor. 


Semoga bermanfaat

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)