Mengatasi Ban Depan APV Yang Aus Sebelah

SLAMET JAYA ABADI
By -
2



Kami coba membahas kelemahan kendaraan jenis APV yang sering di keluhkan para pengguna, untuk kendaraan yang sudah menempuh jarak di atas 30.000 kilometer akan menjumpai ban depan kanan dibawah supir mengalami keausan atau kebotakan di bagian dalam. Tingkat keausan ban antara mobil Apv yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda tergantung derajat kemiringan posisi banya . Kebotakan bagian dalam ini disebabkan karena adanya kemiringan camber menuju ke negatif. Bedasakan informasi dari bengkel spoorin bahwa Hal ini memang bawaan alami dari mobil Suzuki Apv, sehingga masalah kebotakan ban depan kanan telah terjadi pada mobil apv baru, terlebih lagi untuk mobil apv yang lama.

Apabila derajat kemiringan ini tidak dikoreksi maka akan menimbulkan ketidaknyamanan suspensi, dan ban yang cepat aus. Masalah kemiringan ban depan apabila tidak segera diatasi ini akan merembet ke ball join atau kaki kaki mobil yang lain.
Berikut ini digambarkan apa yang menyebabkan ban depan kanan dibawah sopir cepat botak. 

Apabila chamber negatif maka ban bagian dalam miring ke dalam
sehingga yang cepat aus bagian dalam, apabila chamber positip maka ban bagian luarlah yang cepat aus.

ilustrasi chamber pada alat spooring 


Penyetalan Chamber mobil semacam apv tidak mudah karena memang tidak ada bagian yang dapat digeser kearah luar ataupun kearah dalam, sehingga apabila ban miring kedalam atau keluar maka selamanya akan miring, padahal nilai kemiringan ban 1 mm pada poros ban akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan aus ban, semakin besar dearajat kemiringan maka akan semakin cepat aus. 

Untuk mengatasi problem chamber tersebut , cara yang paling sederhana di bengkel spooring mengganti baut chamber yang bagian atas dengan baut khusus yang dapat digunakan untuk mengkoreksi (penyetelan) derajat kemiringan ban.

Baut Chamber 


Dengan mengganti baut asli mobil apv yg ternyata polos dengan baut yang berbentuk seperti nokken as (baut Chamber) dan terdapat tonjolan yang apabila baut diputar maka tonjolan akan mendorong ban dari posisi derajat negatif menuju posisi derajat positif, sehingga sudut kemiringan ban bisa di setel sampai batas normal dan dengan baut tersebut  masalah kebotakan ban dibagian dalam dapat diatasi.

Letak pemasangan baut Chamber 


Baut Chamber seperti itu dapat diaplikasikan untuk mobil mobil yang lain seperti Toyota, Honda dan lainnya yg mengalami keluhan yg sama. 


Semoga Bermanfaat 


Posting Komentar

2Komentar

Posting Komentar