Honda jazz nyentak ketika mundur

SLAMET JAYA ABADI
By -
32


 

 

Hampir semua menyangka kalau mobil matik seperti honda jazz pindah ke gigi mundur pada saat AC di nyalakan kemudian terdengar bunyi seperti gigi telat masuk, bunyi kasar adalah engine mounting yg rusak atau matic nya bermasalah, padahal kenyataanya itu semua blm tentu, 
karena kalau kita perhatikan waktu kita hidupkan Ac rpm yg biasanya 800 itu turun dulu ke 600 kemudian ke 750 dan kalau kita pindahkan ke gigi mundur  atau R itu rpm nya anjlok lagi karena kerendahan rpm itulah matic jadi telat masuk dan karena presure oli jadi kurang maka akan terdengar bunyi yg kasar.

Langkah atau prosedur yg harus dilakukan adalah :
1 check koil
Apabila di pinggiran koil ada keputih2an di selongsong koil ada kemungkinan koil bocor jadi bisa di service dahulu atau coba ganti
2. check busi 
Kalau sekiranya busi sudah aus atau sudah lama atau kita  gak tau sejarah nya mending langsung ganti, untuk tipe jazz idsi memakai merk NGK BKR6ES, kalo tipe jazz vtech mamakai NGK ZFR6EF11
3.bongkar throttle body
Agar hasil maksimal gunakan engine foam terlebih dahulu lalu carburator cleaner sebagai finishing. 

Koil

Cvt dan body valve 

Throotle body 


4.cleaning body valve matic 
 Gunanya apa? Supaya perpindahan gigi di transmisi matik menjadi lebih smooth dan responsif, bila perlu oli matiknya sekalian di ganti. 
5.reset Ecu / idle learning dengan engine scaner atau dengan cara manual. 

Untuk lebih jelasnya bisa konsultasi di kolom komentar, terima kasih 

Semoga Bermanfaat 


Posting Komentar

32Komentar

  1. Mas bro, lokasinya dimana? di tangerang apa di moga? Soalnya saya sering jg ke pemalang bawa rs. Jadi kalo ada masalah, dengan rs saya, bisa ke moga

    BalasHapus
  2. Maaf sdr benny,lokasi saya sekarang ada di tangerang.
    Kalo ada keluhan tentang jazz rs nya bisa isi kolom di bawah,siapa tau saya bisa bantu cari solusinya.
    Atau bisa mampir langsung ke bengkel,terima kasih.

    BalasHapus
  3. Saya pakai NGK ZFR6K-11,yang pakai resistor ,ternyata olh Beres Honda Xmalang dikatakan tdk disarankan, dan diganti dgn busi biasa dan sembuh dari penyakit bergetar- saat mundur atau mesin dingin............... Body valve memang korban tudingan

    BalasHapus
  4. Mas mobil saya honda jazz 2007 vtec mengalami masalah yang sama, getaran mobil sangat terasa ketika mobil dinyalakan ac rpm langsung tidak stabil naik turun dan ketika posisi gigi R, mobil sangat tidak nyaman bunyi jedak jeduk saat mundur..bisa dibantu solusinya?

    BalasHapus
  5. Gan, lokasi daerah mana tangerangnya? Mobil jazz saya ge8 tahun 2008 at, jazz saya kalau lg jalan di posisi D suka bunyi dug saat perpindahan gigi, dan indicator D kedip2.. Bisa bantu solusinya gan? Thx. Info ke alanbudi10@yahoo.com

    BalasHapus
  6. mas.....bisa minta alamat lokasinya...??

    BalasHapus
  7. mbl saya city 2006, sekarang ini kalau posisi P lampu D ikut nyala,jadi nggak mau distater,kalau posisi N baru bisa di stater,knapa ya gan?

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Makasih mas masukannya .. Gigi mundur yg bunyinya mengerikan sama getar sdh hilang ... Awalnya panik mekanik bilang maticnya kena pas baca artikel ini saya coba cek koil ternyata koilnya patah satu... Pas d ganti mulus kembali... Rpm stabil bunyi mengerikan kayak telat kasih masuk giginya sdh hilang getarnya sdh tdk ada... Makasih bos

    BalasHapus
  10. Sore.. mohon info... Honda city idsi matic thn 2005 saya jg begitu.. klo pas mundur ada bunyi kasar, dan getar kya kopling kuramg gas.. mlh terkadang pas tanjakan pas maju kya ga da tenaga kya slip dan mesin getar kya kopling krg gas jg..

    BalasHapus
  11. Mohon pencerahan jazz 2008 vtec matic saya seperti kampas selip di rpm 2000, sudah saya Ganti oli matic nya..

    BalasHapus
  12. Siang bos, saya pakai Jazz Matic IDSI 2005 kenapa ya ko lampu indicator pada persenelingnya tdk mau nyala dan di dashboadnya lampunya jg kedip2 pd saat D, trus jg skr gigi perseneling R atau mundurnya agak getar gt mohon dibantu ya.. saya baru pakai matic 1 1/2 th krn sblmnya sll pakai manual,, takutnya permasalahan dan biaya makin lebar. Mohon bantuannya. Thx

    BalasHapus
  13. Malam Mas, Mobil saya Honda Jazz 2005 Idsi, masalahnya kalau lagi diposisikan Ke R dan Ac posisi On, maka ada bunyi Grek grek yang gak enak didengar pada saat akan dimundurkan dan kalau Ac pada posisi Off makanya bunyi grek grek nya tidak ada, mohon bantuannya dan kira-kira apa part yang harus diganti dan berapa biaya nya...

    BalasHapus
  14. Di kota Makassar apakah ada yg bs treatment spt TS diatas ya? Sapa tau ada kenalan boleh di share ya hehe
    Klo di jawa banyak bgt karena saya pendatang rada susah carinya

    BalasHapus
  15. Mobil saya Honda City AT IDSi th 2005 kalo posisi Mundur (R) ada bunyi gt, kira2 kalo total biaya service nya abis brp ya gan?Dulu sblm ganti Engine Monting kerasa banget kalo parkir agak jedelug gt, skrg udah di ganti Engine mounting nya agak meningan cm ada suara bunyi aja pas mundur...
    kira2 service nya brp lama?
    mksh gan

    BalasHapus
  16. Selamat sore gan, mohon pencerahannya kasusu city AT 2005 saya sewaktu mundur/R posisi AC nyala suaranya jedug gitu, kaya telat masuk gigi dan bergetar kuat, tapi sewaktu AC off suara jedugnya hilang, mohon pencerahannya gan
    Trimakasih

    BalasHapus
  17. Saya punya masalah yg sama.mohon info bengkel anda dimana dan no telpnya berapa. Tq

    BalasHapus
  18. Admin nya gak ada neh ya, banyak pelanggan yg nunggu neh

    BalasHapus
  19. Mohon pencerahannya gan... mobil jazz matic 2005 klo gigi mundur pada saat di gas koq malah ngedrop.

    BalasHapus
  20. Jazz vtec 2006 matic, kenapa ya bang pas angkat pedal rem bunyi krek krek seperti bunyi rem tangan

    BalasHapus
  21. Bang bro apakah tidak masalah jika busi diganti dengan busi iridium..? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  22. Saya punya kita picanto 2012 metik kalaw mundur bergetar sampai mobil kaya goyang gi mana solusinya pak

    BalasHapus
  23. maaf mau tanya mobil sy honda Jazz Idsi matic 2005, sewaktu menyalakan mesin bunyi mendecit knapa ya? mohon bantuan nya. trima kasih

    BalasHapus
  24. Gan maaf, jazz matic saat R dan AC posisi hidup ada bunyi jedug itu kenapa y, trus untuk biaya kisaran berapa? Teyimakadih

    BalasHapus
  25. Ijin Om bertanya Om dari Jogja Honda jazz 2005 maticnya dari N Ke R bunyi Kreek untuk yg lain tidak Ijin langkah yg harus saya benerin apanya Om terimakasih

    BalasHapus
  26. Jazz idsi 2005 punya saya kalo pake gigi mundur suka asa los nya dulu kalo jalan turunan sedikit kemudian seperti ngerem sendiri, dan ketika di kembali mundurnya agak loncat sedikit bahasa sundanya ngaclog

    BalasHapus
  27. Maaf gan apa alamat bengkelnya masih sama atau sudah pindah

    BalasHapus
Posting Komentar