Ketika Starter Mobil Anda Bermasalah

SLAMET JAYA ABADI
By -
0
Saat stater mobil tidak normal seperti biasanya kita harus mempelajari gejala apa saja yang timbul karena dari gejala2 tersebut nanti bisa di prediksi kemungkinan2 sumber kerusakanya. 



Gejala gejala tidak normal yang sering muncul pada saat kita starter mobil di antaranya :

1. Lampu indikator battery dan Oli pada dashboard tidak menyala sama sekali.
Kemungkinan penyebabnya dari fusiblelink atau sekring utama yg ada di kepala aki. kemungkinan lain adalah kepala aki yang kotor atau akinya soak.



2. Lampu indikator battery dan oli pada dashboard menyala namun meredup ketika di starter,kemungkinan besar aki anda lemah atau kurang setrum.

3. Tedengar suara "gemeretek " berulang ulang kemungkinan aki anda lemah atau kurang setrum,atau juga hanya kepala aki yang kotor atau kabel ground anda sudah korosi.

4. Terdengar suara mesin berputar tetapi lemah seperti "ngeek..ngek...ngek...." kemungkinan komponen dinamo stater anda bermadalah seperti bushing starter aus sehingga anker starter sudah tidak dapat berputar pada sumbunya maka perputarannya menjadi sangat berat.



5. Terdengar suara "cek.." satu kali saja setiap kali memutar kunci kontak, kemungkinan switch starter atau yang disebut solenoid switch sudah tidak berfungsi dengan baik.
Atau bisa juga relay dinamo staternya lemah, apabila sistem staternya sudah menggunakan atau tambahan relay. 

6. Stater terkadang dimulai dengan suara berat lalu enteng dan mesin hidup,kemungkinan aki lemah. 

7. Di pagi hari tidak bisa starter,tapi pada saat siang hari stater lancar,kemungkinan aki sudah soak dan tidak dapat menyimpan setrum untuk waktu yang lama.

8. Saat pagi hari mudah untuk stater, tetapi jika sudah dipakai agak lama (panas) susah untuk starter,kemungkinan switch starter / solenoid switch nya rusak.

9. Saat distarter tidak ada reaksi sama sekali  tidak ada bunyi,kemungkinan gulungan starter anda hangus atau terbakar / korslet,atau bisa juga Relay starter atau kunci kontak anda bermasalah, malah terkadang hanya socket ke switch starternya aja yang lepas.

10. Saat distarter terdengar suara dinamo starter mutar mendesing kencang "sing..." kemungkinan gigi bendix starter  anda aus. 

11. Terkadang bisa starter terkadang tidak, baik dalam keadaan panas maupun dingin, pagi atau malam,kemungkinan arang stater atau Carbon Brush starter anda sudah pendek.

Setelah mempelajari gejala-gejala yang timbul di atas langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah :

1. Lakukan pengecekan Voltase battery anda, Battery yang normal voltasenya tidak dibawah 12.4V, jika dibawah itu kemungkinan aki sudah lemah dan yg pasti berat untuk melakukan kerja stater. 




2. Jika voltase aki dalam keadaan bagus analisa selanjutnya adalah pengecekan dinamo starter , caranya lakukan pengetesan dinamo starter secara langsung,dengan cara menggabungkan sumber setrum pada switch starter biasanya baut 12 dengan kabel tembaga yang besar dengan terminal kunci kontak yang terletak di switch starter juga (disamping kiri yang terdapat satu kabel terpasang padanya,Cabut kabel tersebut maka akan terlihat sebuah terminal kecil). 



 "SEBELUM MELAKUKAN PENGETESAN DINAMO STATER PASTIKAN POSISI GIGI TRANSMISI PADA POSISI NETRAL" Gabungkan dengan kabel atau obeng logam. Pada kondisi normal maka starter akan memutar mesin,,jika iya berarti kunci kontak anda atau relay starter anda yang bermasalah.

Semoga Bermanfaat 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)