Tips Mengatasi Penyebab Temperatur Mesin Panas

SLAMET JAYA ABADI
By -
2


Perlu di ingat bahwa apabila anda sedang mengendarai mobil tiba2 temperatur suhu di speedometer mobil anda naik dari yang biasanya,maka segeralah matikan mesin, karena jika mesin dipaksa hidup terus menerus maka akan berakibat fatal atau dalam istilah OVERHEAT (panas yang berlebihan).

Temperatur mesin mobil yang sangat panas disebabkan oleh beberapa faktor,di antaranya adalah dari radiator yang mampet,atau ada kebocoran pada selang dan pipa2 air di dalam mesin,thermostat yang macet,serta putaran dinamo motor fan yang tidak normal / lemah, atau juga di sebabkan ada rembesan air dari waterpump. 
Maka saya anjurkan pada saat anda akan mengendarai kendaraan di pagi hari, ada baiknya di lakukan beberapa pengecekan yang harus dikerjakan, antara lain pengecekan oli mesin, minyak rem, air radiator dll. 

Di bawah ini adalah tips mengatasi mobil biar temperatur normal dan mesin mobil tidak cepat panas:

1. Periksa Radiator
Buka tutup radiator dan lihat apakah air dalam kondisi penuh atu kurang. Apabila kurang segeralah ditambah, jangan lupa periksa tutup radiator, kisi-kisi radiator,dan lihat juga apakah radiator ada kebocoran atau tidak.




2. Periksa Selang Radiator
Periksa selang radiator dari kemungkinan pecah atau bocor atau rembesan, periksa juga klem pengikat selang apakah masih bagus atau tidak, karena klem selang yang kurang kencang akan mengakibatkan kebocoran air radiator. 




3.Periksa Tabung Air Radiator
Periksa air cadangan radiator di dalam penampungan,apabila kurang tambahkan air sampai batas upper atau maksimal dan jika air terlalu kotor segeralah ganti dengan air bersih atau water coolent. 





4. Periksa Water Pump
Lakukan pengecekan water pump dengan melihat dari bawah kendaraan atau apabila mungkin naikan kendaraan dan lihat pada bagian water pump ada lubang angin di bawah. Periksa apakah ada air yang keluar dari lobang tersebut,jika ada rembesan atau kebocoran air  segeralah ke bengkel untuk dilakukan penggantian water pump yang baru.




Dan apabila anda ragu untuk melakukan hal2 yang di atas atau anda masih bingung,anda bisa konsultasikan kepada mekanik2 kepercayaan anda.
Dan di setiap perjalanan selalu perhatikan indikator temperatur suhu di speedometer meter agar terhindar dari hal2 yang tidak di inginkan.


Semoga Bermanfaat

Posting Komentar

2Komentar

  1. Salam kenal bang,,, mobil saya feroza 95, jarum temperatur klo di pakai naik sampe semperempat lebih dikit,, masih normal ga ya?? Mohon pencerahan'nya ,,, tengkyu,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo jarum temperatur masih di atas seperempat sedikit menurut saya masih dalam batas normal dan aman2 saja, kecuali sudah melebihi setengah itu harus segera di lakukan pemeriksaan.

      Hapus
Posting Komentar